theworldofrhianna.blogspot.co.id adalah blog yang meberikan informasi mengenai berbagai macam kanker dari gejala sampai penyebabnya.

Kamis, 05 April 2018

Gejala Kanker Mata Yang Harus Anda Waspadai

Gejala Kanker Mata Yang Harus Anda Waspadai - Kanker mata merupakan salah satu penyakit yang terjadi akibat sel-sel di jaringan mata tumbuh tanpa terkendali dan pertumbuhannya dapat menyebar ke daerah yang lain yang berada disekitar mata. Pada saat sel-sel tersebut tumbuh dan menyebar, sel-sel kanker tersebut dapat merusak sel-sel normal yang berada di sekitarnya. Berdasarkan letaknya, kanker mata ini dapat terjadi pada beberapa kondisi berbeda, diantaranya yaitu sebagai berikut :

Bola mata (globe), pada bagian bola mata terdiri dari berbagai jaringan dan cairan yang tersusun menjadi sistem indera penglihatan. Tiga lapisan jaringan yang menyusun bola mata tersebut adalah sklera yang merupakan jaringan berwarna putih, paling keras, dan terletak paling luar dari mata, pada bagian depan mata, terdapat sklera berwarna bening yang disebut dengan kornea mata. Kemudian yang kedua ada retina yang merupakan jaringan mata bagian paling dalam yang tersusun dari sel-sel saraf yang cukup sensitif terhadap cahaya.
Uvea yang merupakan jaringan bola mata yang terletak di antara retina dan sklera. Uvea ini terdiri dari iris yang memberi warna pada mata dan membentuk pupil, koroid yang berfungsi menyediakan nutrisi bagi mata dan juga mengandung sel penghasil pigmen (melanosit), serta badan siliaris yang mengatur pada lensa mata. Kemudian ada Orbita mata yang merupakan berbagai jaringan yang mengelilingi bola mata, termasuk pada otot-otot pengatur gerakan bola mata. Aksesoris mata atau disebut juga adneksa merupakan bagian tambahan pada mata seperti alis, kelenjar air mata, kelopak mata, konjungtiva, dan juga bulu mata.

Kanker mata pada dasarnya dapat bermula dari bagian mata maupun dari organ lain yang sel kankernya menyebar menuju bagian mata. Kanker mata yang berasal dari bagian mata disebut sebagai kanker mata primer. Sedangkan kanker mata yang munculnya berasal dari organ lain disebut sebagai kanker mata sekunder. Dan pada umumnya, kanker mata ini merupakan fenomena yang masih jarang terjadi.

Gejala Kanker Mata

Gejala yang dialami oleh seseorang yang menderita kanker mata tentunya akan berbeda-beda, hal ini akan sangat tergantung kepada jenis kanker yang diderita. Beberapa gejala yang dapat terjadi pada kanker mata diantaranya adalah sebagai berikut :
 
Terdapat bintik yang berwarna hitam atau gelap pada iris yang terdapat pada melanoma iris dan akan terlihat pada pemeriksaan mata yang dilakukan secara rutin, seringkali merasa terganggu penglihatannya, jangkauan dari mata yang menjadi sedikit terbatas, seringkali merasa melihat ada benda-benda yang berterbangan atau floaters, garis-garis bahkan berupa bintik-bintik di udara, sering melihat kilatan-kilatan cahaya yang menyilaukan.

Gejala-gejala tersebut pada dasarnya juga dapat timbul karena penyakit lain, selain dari penyakit kanker mata ini. Dan terkadang kanker mata, khususnya pada melanoma intraokular, sama sekali tidak menunjukkan gejala. Melanoma intraokular seringkali dideteksi pertama kali pada saat pemeriksaan mata. Karena gejala kanker mata yang tidak spesifik, maka sangat dianjurkan sekali untuk senantiasa menjalani prosedur diagnosis jika dirasa mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan tersebut.

Gejala Kanker Mata Yang Harus Anda Waspadai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sarah Veronica

0 komentar:

Posting Komentar