theworldofrhianna.blogspot.co.id adalah blog yang meberikan informasi mengenai berbagai macam kanker dari gejala sampai penyebabnya.

Kamis, 05 April 2018

Gejala Kanker Payudara Tahap Awal dan Jenis-Jenisnya

Gejala Kanker Payudara Tahap Awal dan Jenis-Jenisnya - Payudara merupakan salah satu organ pada wanita yang terbentuk dari lemak, jaringan ikat, dan juga ribuan lobulus yang berupa kelenjar kecil penghasil air susu. Saat seorang wanita melahirkan, Air Susu Ibu (ASI) akan dikirim ke puting melalui saluran kecil ketika akan menyusui. Sel-sel yang berada di dalam tubuh kita biasanya tumbuh dan berkembang biak secara teratur dan stabil. Sel-sel baru tersebut hanya akan terbentuk saat dibutuhkan. Tetapi proses yang terjadi pada tubuh seorang penderita kanker akan berbeda.

Proses tersebut akan berjalan secara tidak wajar dan tidak stabil sehingga pertumbuhan dan perkembangbiakan sel-sel pada payudara menjadi tidak terkendali. Sel-sel abnormal tersebut juga nantinya dapat menyebar ke bagian-bagian tubuh lain melalui aliran darah. Makah al inilah yang menjadi kondisi kanker mengalami metastasis. 

Gejala Kanker Payudara

Jika kanker payudara ini terdeteksi pada stadium awal, kanker dapat diobati sebelum mulai terjadi penyebaran menuju bagian tubuh lainnya. Gejala awal pada kanker payudara ditandai dengan benjolan atau penebalan pada jaringan kulit payudara. Tetapi sebagian besar benjolan yang ada pada payudara belum terlalu kuat untuk mengindikasikan bahwa itu adalah kanker.

Kejadian kanker payudara yang terjadi di Indonesia mencapai sekitar 40 kasus setiap 100.000 penduduk pada tahun 2012, hal ini berdasarkan data yang diperoleh dari organisasi kesehatan dunia (WHO). Namun jika dibandingkan dengan Negara yang berada di sebelah Indonesia seperti Malaysia contonya, kanker payudara di Indonesia lebih banyak diderita oleh wanita usia muda dan pada tahap yang lebih lanjut. Kanker payudara ini umumnya menyerang wanita, namun tidak menutup kemungkinan diderita juga oleh seorang laki-laki meskipun tingkat kejadiannya akan sangat jarang.

Dua dari tiga wanita yang mengidap kanker payudara berada pada usia diatas 50 tahun, maka bagi siapa saja yang merasakan beberapa gejala yang berkaiatan dengan kanker payudara, makan akan sangat disarankan untuk sesegera mungkin berkonsultasi dengan dokter. Nanti setelah dokter melaksanakan pemeriksaan, biasanya dokter akan merujuk penderita ke rumah sakit yang lebih spesialis untuk melaksanakan pemeriksaan lebih lanjut guna memastikan hasil diagnosis dari dokter tersebut.

Kanker payudara pada umumnya terbagi ke dalam dua kategori, yaitu kanker payudara non-invasif dan kanker payudara invasif. Kanker payudara invasive merupakan kanker payudara yang umum dari jenis kanker ini,  berupa kanker payurdara ductal invasive yang berkembang pada sel-sel pembentuk saluran payudara. Kata invasif memiliki arti bahwa kanker ini dapat menyebar di luar payudara. Sekitar 80 persen dari semua kasus kanker payudara invasif merupakan jenis kanker seperti ini. Sedangkan kanker payudara non-invasif biasanya ditemukan melalui mamografi karena jarang menimbulkan benjolan. Jenis ini juga sering disebut dengan istilah pra kanker. Tipe yang paling umum dari kanker ini adalah duktal karsinoma in situ. Jenis kanker payudara ini bersifat lebih jinak dan ditemukan dalam saluran (duktus) payudara, serta belum menyebar ke bagian organ lainnya.

Gejala Kanker Payudara Tahap Awal dan Jenis-Jenisnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sarah Veronica

0 komentar:

Posting Komentar