theworldofrhianna.blogspot.co.id adalah blog yang meberikan informasi mengenai berbagai macam kanker dari gejala sampai penyebabnya.

Kamis, 05 April 2018

Gejala Kanker Lidah Dan Faktor Pemicunya

Kanker lidah merupakan salah satu jenis kanker yang tumbuh pada bagian sel-sel lidah. Kanker lidah ini adalah kanker yang paling sering tumbuh dan berkembang pada sel-sel skuamosa yang terletak pada permukaan lidah. Sel skuamosa merupakan sel yang berbentuk datar atau pipih seperti kulit yang melapisi permukaan mulut, hidung, laring, tiroid, dan juga tenggorokan. Kanker lidah paling sering menyerang sel-sel dari skuamosa tersebut. Oleh karenanya, kanker lidah yang bermula dari sel ini sering juga dikenal dengan sebutan kanker sel skuamosa.

Jika dianalisis secara anatomi, lidah manusia normalnya terdiri dari dua bagian, yaitu bagian depan yang terletak pada mulut dan juga bagian pangkal yang terletak berdekatan dengan tenggorokan. Kanker lidah ini dapat berkembang pada kedua bagian lidah tersebut. Kanker yang tumbuh pada lidah bagian depan ini termasuk ke dalam kategori kanker mulut. Sementara kanker yang tumbuh pada bagian pangkal lidah termasuk ke dalam kanker orofaring.

Za-zat berbahaya yang dihasilkan dari slkohol dan juga tembakau diduga menjadi penyebab utama kemunculan kanker lidah karena memang keduanya memiliki sifat karsinogenik atau mudah untuk memicu munculnya sel-sel kanker. Zat-zat yang bersifat karsinogenik ini umumnya mengandung unsur kimia yang dapat merusak DNA di dalam sel dan memicu kemunculan kanker lidah.

Gejala Kanker Lidah

Beberapa gejala yang senantiasa mengindikasikan terjadinya kanker lidah diantaranya yaitu sering merasa sakit pada tenggorokan yang berlangsung secara terus menerus, munculnya bercak berwarna merah bahkan putih disertai dengan benjolan dan sariawan pada mulut atau lidah yang tidak kunjung sembuh, sering merasa sakit ketika akan menelan makanan atau minuman, merasa kebas pada mulut yang berlangsung lama dan terus-menerus, dan terjadinya perdarahan pada lidah yang terjadi tanpa sebab yang pasti.

Namun beberapa factor yang menjadi indikasi tersebut bias saja disebabkan oleh penyakit atau infeksi selain kanker lidah. Tetapi bagi siapa saja yang merasakannya sebaiknya tetap waspada dan memeriksakan diri ke dokter jika gejala-gejala tersebut terus berlangsung selama lebih dari tiga minggu, terutama jika seseorang tersebut adalah perokok berat dan sering mengonsumsi minuman keras.

Faktor-faktor Pemicu Kanker Lidah

Penyebab dari munculnya kanker lidah sejauh ini belum diketahui secara pasti, tetapi terdapat beberapa faktor tertentu yang dipercaya dapat menjadi memicu kemunculan kanker ini. Faktor-faktor risiko tersebut diantaranya adalah rokok karena sekitar 85 persen kanker pada daerah kepala dan leher, termasuk pada lidah,  dapat disebabkan oleh tembakau dan bahkan perokok pasif pun akan memiliki risiko yang jauh lebih tinggi untuk terjangkit kanker yang terletak pada bagian leher dan juga kepala. 
 
Selain itu, seseorang yang senantiasa mengonsumsi alkohol secara rutin dalam jumlah yang relatif banyak dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker lidah. Sehingga apabila seseorang senantiasa mengonsumsi alkohol dan juga dikombinasikan dengan merokok akan semakin meningkatkan risiko seseorang tesebut untuk terjangkit kanker lidah ini.

Gejala Kanker Lidah Dan Faktor Pemicunya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sarah Veronica

0 komentar:

Posting Komentar