theworldofrhianna.blogspot.co.id adalah blog yang meberikan informasi mengenai berbagai macam kanker dari gejala sampai penyebabnya.

Kamis, 05 April 2018

Gejala Kanker Otak Yang Harus Anda Waspadai

Gejala Kanker Otak Yang Harus Anda Waspadai - Kanker otak merupakan salah satu jenis tumor otak ganas yang dapat menyebar dengan cepat ke bagian lain dari otak dan juga pada tulang belakang. Namun perlu diketahui sebelumnya, tidak semua tumor otak bersifat ganas dan termasuk kedalam kategori kanker. Ada juga tumor otak yang bersifat jinak. Tumor otak jinak merupakan sekumpulan sel-sel otak yang tumbuh secara perlahan dan tidak menyebar ke bagian organ yang lain.

Gejala Kanker Otak

Gejala tumor otak yang dirasakan tentunya akan sangat bervariasi dari satu penderita ke penderita lain. Hal ini akan sangat tergantung pada ukuran dan bagian otak yang terjangkit. Tumor bisa membuat area otak yang terjangkiti tidak berfungsi dengan baik dan menekan jaringan otak sehingga dapat menyebabkan sakit pada bagian kepala serta kejang-kejang. Gejala-gejala yang biasanya dirasakan dapat berupa kelelahan yang berlebihan serta mudah mengantuk, serta sering mengalami gangguan penglihatan.

Tumor otak sendiri merupakan pertumbuhan sel-sel otak yang terjadi secara tidak wajar dan tidak terkendali. Pada otak, tumor dapat berkembang dari sel yang menyusun jaringan otak, dari saraf yang keluar-masuk ke otak, dan dari selaput pelindung otak dan saraf tulang belakang (meninges). Berdasarka asal usulnya, tumor otak terbagi menjadi dua jenis yaitu primer dan sekunder. Tumor otak primer adalah tumor yang muncul pada otak, sedangkan tumor otak sekunder adalah tumor yang berasal dari bagian tubuh lain namun dalam perkembangannya menyebar ke otak.

Pada kebanyakan kasus, kanker otak merupakan jenis kanker otak sekunder, di mana kanker berawal dari organ tubuh lain yang kemudian menyebar ke bagian otak. Jika dilihat dari tingkat perkembangannya serta kecepatan pertumbuhan dan penyebarannya, keganasan tumor otak dibagi menjadi 4 kategori tingkatan yaitu sebagai berikut :

Kanker stadium 1 dan 2, pada umumnya masih bersifat jinak dan belum diketahui gejala-gejalanya.
Kanker stadium 3 dan 4: biasanya bersifat ganas, dan sudah tergolong sebagai jenis dari ‘kanker’. Dan pada artikel ini akan di bahas secara detail khusus pada kanker stadium 3 dan juga 4 karena tergolong sebagai kanker yang ganas.

Penderita Kanker Otak di Indonesia

Tumor otak pada dasarnya tidak mengenal usia dan bisa menjangkit kepada siapa saja, termasuk anak-anak. Menurut data yang bersumber dari WHO, pada tahun 2012 ada sekitar 4900 kasus kanker otak yang terjadi di Indonesia. Jika dilihat dari jenis kelaminnya, maka pengidap kanker otak berjenis kelamin pria berada pada posisi yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan wanita.

Penyakit genetik seperti neurofibromatosis  yang merupakan penyakit genetik yang menyebabkan tumor tumbuh di saraf dapat menjadi faktor pemicu yang meningkatkan risiko munculnya tumor otak. Namun, penyebab utama dari kebanyakan tumor otak hingga saat ini masih belum diketahui.

Gejala Kanker Otak Yang Harus Anda Waspadai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sarah Veronica

0 komentar:

Posting Komentar