theworldofrhianna.blogspot.co.id adalah blog yang meberikan informasi mengenai berbagai macam kanker dari gejala sampai penyebabnya.

Kamis, 05 April 2018

Gejala Kanker Pankreas dan Penyebabnya Yang Harus Diketahui

Gejala Kanker Pankreas dan Penyebabnya Yang Harus Diketahui - Kanker pankreas merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh tumbuhnya tumor di dalam pankreas. Pankreas merupakan sebuah kelenjar besar yang termasuk ke dalam bagian dari sistem pencernaan dan memiliki panjang sekitar 15 cm. Kanker pancreas ini biasanya bisa dialami oleh pria maupun wanita, dan biasanya terjadi pada orang-orang yang berusia lanjut atau berada diatas 75 tahun.

Pankreas memiliki fungsi yang penting bagi tubuh karena berfungsi untuk memproduksi enzim pencernaan yang berfungsi untuk menguraikan makanan agar dapat diserap oleh tubuh. Selain itu, pankreas juga dapat memproduksi hormon, termasuk insulin, yang berfungsi menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh seseorang.

Gejala Kanker Pankreas

Kanker pankreas ini pada tahap awal biasanya tidak menimbulkan gejala dan oleh karena itu diagnosis akan menjadi lebih sulit untuk dilakukan. Gejala kanker pankreas pada tahap lanjut tergantung pada bagian kelenjar pankreas yang terjangkit karena pankreas memiliki dua jenis jaringan kelenjar. Jenis pertama adalah kelenjar yang berfungsi untuk memproduksi enzim pencernaan atau disebut juga dengan kelenjar eksokrin. Jenis kedua adalah kelenjar yang berfungsi untuk memproduksi hormon, atau disebut juga dengan kelenjar endokrin.

Kelenjar eksokrin ini merupakan jenis kelenjar yang paling sering terjangkit kanker pankreas dengan gejala yang pada umumnya terjadi seperti penyakit kuning, kehilangan berat badan, dan nyeri pada daerah punggung dan juga nyeri pada perut.

Selain gejala yang telah dijelaskan tersebut, terdapat beberapa jenis gejala kanker pankreas lain yang seringkali dirasakan oleh seseorang yang menderita kanker, gejala tersebut diantaranya diabetes, demam yang tinggi dan juga menggigil, gatal pada tubuh, darah yang jadi menggumpal, mual dan juga muntah-muntah, gangguan pada pencernaan, mengalami perubahan pada pola buang air besar, hilangnya selera makan, serta mengalami demam yang terus menerus berlanjut.

Penyebab Kanker Pankreas

Hingga saat ini penyebab seseorang terkena kanker pankreas masih belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor risiko yang dapat menjadi pemicu meningkatnya peluang terkena kanker pankreas, diantaranya adalah sebagai berikut. Diabetes dapat menjadi faktor yang meningkatkan risiko seseorang terkena kanker pankreas, dan sebaliknya jiga seseorang memiliki tumor ganas yang tumbuh pada pankreas dapat menjadi pemicu terjadinya diabetes. Kemudian keberadaan bakteri helicobacter pylori yang dapat menyebabkan infeksi lambung diperkirakan dapat sedikit meningkatkan risiko seseorang terkena kanker pankreas.

Seseorang yang sering merokok dapat meningkat juga risiko terjangkit kanker pankreas karena racun dan zat kimia berbahayanya dapat menyebabkan jaringan dan organ dalam tubuh sehingga mengalami iritasi dan peradangan. Kemudian seseorang yang berusiadi atas 75 tahun yang juga jarang melakukan aktifitas fisik serta memiliki kelebihan berat badan atau bias disebut obesitas pun tergolong ke dalam beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya kanker pankreas.

Gejala Kanker Pankreas dan Penyebabnya Yang Harus Diketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sarah Veronica

0 komentar:

Posting Komentar