theworldofrhianna.blogspot.co.id adalah blog yang meberikan informasi mengenai berbagai macam kanker dari gejala sampai penyebabnya.

Kamis, 05 April 2018

Gejala Kanker Mata Melanoma dan Penyebabnya

Gejala Kanker Mata Melanoma dan Penyebabnya - Kanker mata melanoma merupakan kanker yang terjadi pada sel-sel melanosit mata yang berfungsi untuk memproduksi melanin. Melanin ini merupakan pigmen yang menghasilkan warna pada kulit, rambut dan juga mata. Oleh karena itu kanker melanoma ini juga dapat terjadi pada kulit. Kanker melanoma pada mata umumnya tumbuh di jaringan uvea mata, yang meliputi jaringan iris mata, badan siliaris, dan juga jaringan koroid. Seringkali kanker mata melanoma terjadi pada bagian mata yang tidak tampak ketika seseorang tersebut bercermin. 

Selain itu, kanker ini jarang menimbulkan gejala-gejala spesifik pada tahap stadium awal. Kedua hal tersebutlah yang menyebabkan kanker mata melanoma sulit untuk  terdeteksi pada stadium awal, dan biasanya akan ditemukan tanpa sengaja pada saat pemeriksaan mata secara rutin. Namun pada saat jaringan kanker mulai membesar, akan menyebabkan perubahan bentuk pada pupil mata, penglihatan menjadi kabur, serta penurunan kemampuan dalam penglihatan.

Kanker mata melanoma ini pada dasarnya dapat diobati dengan baik terutama jika masih dalam stadium awal dan berukuran kecil. Pengobatan kanker yang masih berukuran kecil sejauh ini sangat jarang mengganggu kemampuan penglihatan pasien. Sebaliknya, jika kanker sudah berukuran besar, pengobatan yang diberikan dapat menyebabkan gangguan pada penglihatan pasien tersebut.

Gejala Kanker Mata Melanoma

Sebagian besar kanker melanoma pada mata tumbuh di bagian dalam mata yang cenderung tidak terlihat, sehingga memang cukup sulit untuk terdeteksi. Kanker ini juga jarang menimbulkan gejala yang signifikan. Namun terdapat beberapa indikasi yang menjadi penyebab kanker mata melanoma, seperti munculnya bintik hitam yang terletak pada iris mata, sering merasa seperti ada kilatan dari cahaya, terdapat bintik-bintik atau garis yang senantiasa menghalangi pandangan, kemudian pandangan menjadi kabur dan kehilangan kemampuan penglihatan, bentuk pupil mata yang berubah, mengalami pembengkakan pada salah satu mata, serta benjolan yang terletak pada kelopak mata atau bola mata yang ukurannya senantiasa membesar seiring waktu.

Meskipun gejala ini tidak selamanya muncul pada penderita kanker mata melanoma, namun akan sangat diharuskan bagi siapa saja yang mengalami indikasi gejala tersebut untuk segera  memerikasakannya ke dokter spesialis agar terdeteksi sejak dini.

Penyebab dan Faktor Risiko Kanker Mata Melanoma

Kanker mata melanoma ini sebagian besar dapat disebabkan oleh perubahan atau mutasi DNA pada sel melanosit mata yang mengakibatkan pertumbuhan sel menjadi tidak terkendali. Jaringan melanoma yang mengalami pertumbuhan tidak terkendali ini akan menyebabkan kerusakan pada jaringan mata yang sebelumnya sehat.

Melanoma dapat saja terjadi di berbagai bagian mata, baik di bagian depan mata seperti pada iris dan badan siliaris, maupun di bagian belakang atau tepatnya berada pada jaringan koroid. Namun pada kasus yang jarang terjadi, kanker melanoma ini  dapat tumbuh pada bagian paling depan mata, yaitu di bagian konjungtiva.

Gejala Kanker Mata Melanoma dan Penyebabnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sarah Veronica

0 komentar:

Posting Komentar